Kembali Bernafas

by - Desember 08, 2023


Halo teman-teman, udah lama banget nih nggak ngeblog. Kalau blog ini berupa bangunan pasti udah berubah jadi toko es krim sih, heuheuheu. Terhitung sudah 7 bulan hiatus, terakhir nulis awal Mei dan itupun review produk. Rasanya kurang greget kalau nggak ada tulisan yang isinya curhatan, bukan apa-apa rasanya kurang interaktif aja heuheuheu. Setelah mengumpulkan niat dan mood, memutuskan untuk mengisi kembali blogku dengan tulisan-tulisan receh sebagai catatan akhir tahun. Walaupun nggak ada yang baca tapi gapapa buat arsip pribadi aja.

Sebagai warming up, aku mau nulis yang ringan-ringan dulu, mau cerita kenapa lama nggak nulis di blog. Penyebabnya adalah 1 tahun ini, tepatnya mulai November 2022 aku disibukkan dengan kegiatan studi lanjut yaitu Program Profesi Guru Prajabatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek.

"Kenapa tiba-tiba ikut program PPG Prajabatan ?"

Sebenarnya tahun 2018 yang lalu sudah pengin ikutan tapi kebetulan saat itu bidang studiku tidak membuka formasi dan setelah itu pemerintah nggak buka lagi program PPG bersubsidi, jadi kalau mau dapat gelar Gr di belakang S.Pd harus ikut mandiri. Karena aku sudah memutuskan nggak akan sekolah lagi kalau nggak dapat beasiswa karena finansialku belum stabil takutnya nanti malah merepotkan orang tua, jadinya terpaksa ngikut arus dulu, toh belajar juga nggak harus di bangku kuliah kan mengingat sekarang juga udah banyak seminar-seminar gratis yang bisa diikuti kapanpun kalau mau. Nah ketika udah pasrah di kondisi itu, tiba-tiba di tahun 2022 rame banget info tentang pembukaan program PPG Prajabatan lagi dan bersubsidi pula, nggak mau menyia-nyiakan kesempatan itu akhirnya mencoba daftar dan ternyata lolos walaupun harus melewati serangkaian tes yang nggak mudah, pertama ada tes administrasi dengan melengkapi berkas-berkas dan juga menulis beberapa essay, dilanjutkan tes substantif yaitu tes tulis yang meliputi tes bidang studi berupa literasi dan numerasi serta tak ketinggalan pedagogi, kemudian yang terakhir ada tes wawancara.

Ternyata benar ya, Tuhan tuh bakal mewujudkan apa yang kita harapkan tapi entah kapan, kitanya aja yang kurang sabar padahal rencanaNya jauh lebih indah dari apa yang kita bayangkan. Seperti halnya yang aku dapatkan ini, sejujurnya posisi saat ini pernah aku cita-citakan dulu dan aku kira nggak akan pernah terwujud sampai merasa down eh ternyata diwujudkan 9 tahun kemudian. Terimakasih Tuhan 💓

Related: Perjalanan Meraih Toga yang Tak Mudah

Balik lagi yaa, ketika sudah dinyatakan lolos aku memutuskan menghentikan semua kegiatan di rumah karena harus stay di Malang untuk beberapa waktu. Ada sekitar 5 pekerjaan yang harus dengan suka rela dilepaskan, walaupun nggak mudah tapi mau gimana lagi, ada seseorang yang bilang jika kita menghendaki hasil tangkapan yang besar maka kita juga harus mau melepaskan umpan yang besar pula.

Setelah pindah ke Malang sempat mengalami culture shock, gimana nggak aku yang berasal dari daerah dataran rendah harus mulai beradaptasi di lingkungan bersuhu dingin yang mengharuskan tidur pakai selimut dan double jacket, pakai kaos kaki all the time dan perut yang mudah banget lapar karena sel-sel aku harus bekerja ekstra membakar nutrisi untuk menstabilkan suhu, akibatnya setelah kuliah rampung dan pulang ke rumah membawa oleh-oleh tubuh yang agak nduty heuheu.

Selain itu, selama di kelas jujur aku juga agak kewalahan mengikuti kegiatan belajar di sana secara udah lama banget lulus kuliah S1 ibarat mesin udah lama banget dingin, udah lama nggak melaksanakan kegiatan diskusi terbuka, nggak merasakan tuntutan tugas yang begitu banyak dan tergolong baru di telingaku, ditambah lagi ketemu teman-teman yang fresh graduate yang semangat belajarnya masih membara membuat aku agak keteteran but pada akhirnya ternyata aku juga mampu menyelesaikan dengan baik walaupun dibumbui dengan tangisan dan sambatan wkwkwk, bangga sih ternyata pemudi jompo ini masih bisa kok diajak lari.

Oke setelah kelar semua, butuh beberapa waktu buat recharge diri aku, menata semuanya dari awal, mulai bekerja kembali, berkebun dan tentunya ngeblog lagi. Seneng banget rasanya bisa kembali ke kehidupan manusia normal lagi yang sebelumnya hampir 24/7 nggak bisa lepas dari laptop, bener-bener bikin stres dan spaneng. Banyak banget draft yang belum aku selesaikan, pengin rasanya bisa share pengalamanku selama 1 tahun belakanagan ke teman-teman semua entah masalah kuliah, kebun atau yang lainnya tapi satu-satu dulu aja yaa. Walaupun mungkin nggak penting buat kalian, tapi aku pengin mengabadikan setiap momen yang aku lalui di dunia ini sebagai bentuk penghargaan kepada Tuhan telah memberikan cerita hidup yang penuh warna warni.

Bingung mau cerita apalagi, aku rasa cukup ya pemanasannya. Kita ketemu lagi di cerita receh berikutnya. See youuuu, makasih sudah berkenan membaca sampai akhir, peluk online buat kamu yang baik hatinya dan istimewa 💖

You May Also Like

2 comments

  1. keren sih ini, semoga ke depannya tambah bisa sharing juga hasil ngobrol sama taneman,,, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kaak, kumasukkan ke list dulu yaa. Terimakasih sudah mampir di blog aku..

      Hapus

Bagaimana pendapatmu ?